Park n Ride laris

pnr ragunan Kebijakan sterilisasi jalur busway dari kendaraan umum dan pribadi menyebabkan tempat penitipan mobil dan motor yang berada di kawasan Taman Margasatwa Ragunan (TMR) kebanjiran pelanggan sehingga meraih keuntungan berlipat ganda.

Dari pantauan beritajakarta.com, Senin, (10/3) di kawasan TMR, tampak ratusan mobil memenuhi areal penitipan itu. Para pemilik mobil tersebut lebih memilih naik bus Transjakarta untuk berangkat ke kantornya, ketimbang menggunakan mobilnya.

Menurut mereka yang menitipkan mobilnya, naik busway jauh lebih efektif daripada menggunakan kendaraan pribadi yang sudah pasti harus mengalami kemacetan yang luar biasa setelah disterilkannya jalur busway oleh Pemprov DKI Jakarta.

Irawan (30), salah satu karyawan swasta di kawasan Kuningan Jakarta Selatan yang sedang memarkir mobilnya di TMR mengatakan, jika dirinya menggunakan mobil pribadi ke kantor, tentunya memakan waktu sekitar satu sampai dua jam. “Tapi dengan bus Transjakarta paling hanya setengah jam saja, sudah sampai kantor,” ucap Irawan.

Perubahan perilaku warga tersebut, membuat Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perhubungan Jakarta Selatan, Teddy Sutisna, merasa senang. Sebab, dengan adanya tempat penitipan itu, dapat mengubah minat para pekerja yang biasa menggunakan mobil pribadinya, beralih ke busway.

Teddy pun berharap kepada seluruh masyarakat yang biasa menggunakan mobil pribadi ke tempatnya bekerja, dapat segera beralih ke bus Transjakarta untuk menghindari kemacetan. “Ini perlu disosialisasikan lagi agar setiap pengendara mobil pribadi, yang biasa terkena macet, lebih baik menitipkan mobilnya di tempat penitipan seperti yang ada di Ragunan,” katanya.

Sejak disterilkannya jalur busway, kemacetan di sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta Selatan, memang sangat parah. Hal ini terlihat di sepanjang Jl Raya Mampang Prapatan menuju Jl HR Rasuna Said. Dan sejumlah pihak terkait pun tampak menjaga setiap perempatan ataupun pertigaan, untuk mencegah kendaraan pribadi masuk jalur busway.

Teddy menambahkan, untuk sterilisasi jalur busway ini, pihaknya bekerja sama dengan pihak Tramtib, dan Polsek setempat menjaga jalur busway dari para pengendara yang kerap menerobos jalur busway. “Dan hasilnya, semua pengendara mobil pribadi, bisa disiplin menggunakan jalur yang seharusnya, walau harus mengalami sedikit kemacetan,” tukasnya.

0 comments: